Menghitung obat oral berdasarkan berat badan

Krim dengan antibiotic sering digunakan pada luka bakar atau ulkus dekubitus.

Cara Menghitung Dosis Obat Pada Bayi dan Anak Balita

Luas Permukaan tubuh anak b. Hal inilah yang bisa berbahaya, sebab mungkin di satu kertas A lebih beberapa miligram daripada di kertas B d. Obat yang diberikan secara parenteral akan diabsorbsi lebih banyak dan bereaksi lebih cepat daripada obat yang diberikan secara topical atao oral.

Saat order obat yang dituliskan tidak dapat terbaca, maka dapat terjadi misinterpretasi terhadap order obat yang harus diberikan.

Seseorang mempunyai berat badan 60 dan mempunyai tinggi badan 1,65 m. Luas permukaan perseorangan bisa ditentukan dari suatu monogram yang membuat skala tinggi, lebar, dan luas permukaan. Efek tersebut bervariasi berdasarkan bahan dasar obat, lama penggunaan obat, dan kondisi fisik klien.

BOBOT BADAN, LUAS PERMUKAAN BADAN DAN DOSIS OBAT

Apabila pada resep tidak didapatkan data berupa berat badan pasien maka temen-temen bisa mencari hubungan antara berat badan dan usia ideal yang ada di ISO sehingga bisa dihitung dosisnya. Dengan demikian mg luminal tablet mengandung sediaan 0,5 mg luminal.

Perlu juga diperhatikan reaksi antar obat atau efek obat terhadap penyakit. O telephone order serta menandatanganinya. Pada rumus IMT, status berat badan dihitung dengan membandingkan berat badan kg dengan kuadrat tinggi badan m.

Rumus Dilling Untuk umur di atas 8 tahun dengan rumus: Maka DM untuk anak dapat dihitung dengan membandingkan kebutuhan anak terhadap dosis maksimum dewasa. Ada kemungkinan ketiga faktor tersebut di bawah ini didapati sekaligus.

Dosis Khusus Dosis penderita yang obesitas: Mudah diminum Anak-anak biasanya susah untuk meminum tablet atau kapsul, s ehingga para dokter lebih sering meresepkan puyer, agar anak-anak mau meminum obat. Rumus Dosis Obat Sirup Contoh: Faktor — faktor yang mempengaruhi dosis obat antara sebagai berikut: Eliksir kurang disukai oleh dokter anak karena mengandung alcohol, suspense stabilitasnya lebih rendah tergaantung ormulasi dan suspending egent yang digunakan.

Kemudian tahun Dr. Beberapa diantaranya juga dipengaruhi interaksi antar obat yang dikonsumsi. Bila klien tidak dapat menelan air atau cairan lain atau merasa mual dan muntah, pemberian obat per oral segera dihentikan dan obat diberikan dengan cara lainnya.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dosis obat yang tepat untuk seorang pasien antara lain: Internasional, Ph. Rumus Young Untuk umur tahun dengan rumus: Misalnya bila dalam resep kita hendak menimbang Diazepam 20 mg. Kemudian pastinya anda berpikir bagaimana seharusnya saya agar mempunyai berat badan ideal.

Makalah Perhitungan Dosis

Dosis Lethalis Lethal Doseyaitu dosis atau jumlah obat yang dapat mematikan bila dikonsumsi. Hal yang umum terjadi adalah nefrotoksisitas ginjalneurotoksisitas otakhepatotosisitas heparimunotoksisitas sistem imundan kardiotoksisitas jantung.

Dunia Informasi Kesehatan

Dosis Maksimum DM searah: Hal ini dilakukan antara lain pada pemberian oral preparal Sulfa Sulfisoxazole,Trisulfa pyrimidinesdiberikan dosis permulaan 2 gram dan diikuti dengan dosis pemeliharaan 1 gram tiap 6 jam. Sediaan obat Sanmol Forte syrup ialah mg tiap 5 mL mililiter Jawab: Tersedia dalam bentuk lembaran.

Obat-obat tertentu memerlukan dosis permulaan initial dose atau dosis awal loading dose yang lebih tinggi dari dosis pemeliharaan maintenance dose. Mengetahui akibat dari kesalahan dosis obat.

Polifarmasi Polifarmasi sangat mungkin terjadi pada sediaan puyer.10/15/ · Berapa sih dosis obat yang kita berikan untuk hewan percobaan? Sama atau beda dengan dosis obat pada manusia? Jumlah dosis yang diberikan pasti berbeda. Kenapa? Dosis antar manusia saja ada yang berbeda, secara umum dilihat dari segi usia dan berat badan (BB).

Nah, apalagi pada hewan percobaan, dengan BB yang beda jauh dengan BB manusia. Seringkali TIDAK TEPAT karena ADA VARIASI berat badan & LPT yang berarti Berat badan TIDAK DAPAT UNTUK SEMUA OBAT: Narkotika pada anak lebih kecil Atropin, belladona, fenobarbital pada anak lebih besar LPT Tidak praktis, karena: * Sulitnya menghitung LPT secara akurat * UNTUK KASUS GAWAT yang perlu penanganan segera.

8. CARA PEMBERIAN OBAT A.

Cara Menghitung Dosis Obat dengan Cepat dan Benar

a. Rumus young (untuk anak Berdasarkan berat badan Perhitungan dosis berdasarkan berat badan. 5/18/ · Dosis Obat – Jika anda sakit maka harus berobat dan kalau perlu datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih lanjut.

Biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk diminum setiap hari sesuai dosis. Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara menghitung dosis obat tablet, kapsul, syrup ataupun serbuk/5.

Dengan dosis obat dimaksud jumlah obat yang diberikan kepada penderita dalam satuan berat (gram, milligram,mikrogram) atau satuan isi (liter, mililiter) atau unit-unit lainnya (Unit Internasional). Kecuali bila dinyatakan lain maka yang dimaksud dengan dosis obat yaitu sejumlah obat yang memberikan efek terapeutik pada penderita dewasa, juga.

Perawat diharapkan terampil dan tepat saat melakukan pemberian obat. Tugas perawat tidak sekedar memberikan pil untuk diminum atau injeksi obat melalui pembuluh darah, namun juga mengobservasi respon klien terhadap pemberian obat tersebut. Oleh karena itu, pengetahuan tentang manfaat dan efek samping obat sangat penting untuk dimiliki perawat.

Menghitung obat oral berdasarkan berat badan
Rated 5/5 based on 100 review