Asuhan keperawatan pada bayi dengan berat badan lahir rendah

Perubahan tersebut antara laian: Resiko tinggi terhadap perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan immaturitas organ tubuh.

Ilmu Kesehatan Anak. Karena selama hamil zat-zat gizi akan terbagi untuk ibu dan untuk janin yang dikandungnya. Jumlah sel darah putih: Kurangnya kemampuan untuk mencerna makanan, pada bayi preterm mempunyai lebih sedikit simpanan garam empedu, yang diperlukan untuk mencerna dan mengabsorbsi lemak dibandingkan dengan bayi aterm.

Bila bayi dirawat dalam inkubator, maka suhunya untuk nayi dengan berat badan kurang dari gram adalah 35 0C dan untuk bayi dengan BB gram sampai gram 34 0C, agar ia dapat mempertahankan suhu tubuh sekitar 37 0C.

Tanda — tanda ini menandakan stress dingin, yang meningkatkan konsumsi oksigen dan kalori serta membuat bayi cenderung pada asidosis.

Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hyperbilirubinemia kuning samai ikterus 5. Kadar laktase juga rendah sampai sekitar kehamilan 34 minggu. Evaluasi turgor kulit, membrane mukosa, keadaan fontanel anterior.

Pemeriksaan diagno stik 1. Penampakan fisik sangat tergantung dari maturitas atau lamanya gestasi; kepala relatif lebih besardari badan, kulit tipis, transparan, banyak lanugo, lemak sub kutan sedikit, osifikasi tengkoraksedikit, ubun-ubun dan sutu lebar, genetalia immatur, otot masih hipotonik sehingga tungkaiabduksi, sendi lutut dan kaki fleksi, dan kepala menghadap satu jurusan.

Berikan oksigen sesuai indikasi karbondioksida dapat meningkatkan fungsi pernafasan. Klasifikasi BBLR dapat digolongkan sebagai berikut: Pada masa kehamilan seorang ibu memerlukan makanan lebih banyak dibandingkan wanita tidak hamil.

Bayi BBLR sangat mudah mendapat infeksi. Oleh karena itu bayi prematuritas harus dirawat di dalam inkubator sehingga panas badannya mendekati dalam rahim.

Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Berat Badan Lahir Rendah

Penggunaan perekat setelah penusukan tumit atau untuk melekatkan alat pemantau atau infus IV dapat eksoriasi kulit atau menempel erat pada permukaan kulit sehingga epidermis dapat terkelupas dari dermis dan tertarik bersama plester sama sekali tidak aman menggunakan gunting untuk mengelupas balutan atau plester dari ekstremitas bayi imatur yang sangat kecil, karena bis memotong ekstremitas yang kecil tersebut atau melepas klit yang terikat longgar.

Rasional Rasional 1. Hal-hal yang dapat dilakukan: Sistem immunologi belum berkembang dengan baik sehingga rentan infeksi. Integritas kulit baik. Di Indonesia anemia umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga lebih dikenal dengan istilah Anemia Gizi Besi.

Masalah pernafasan juga akan mengganggu makanan secara oral. Berikan perawatan mulut dengan menggunakan gliserin. Leukosit normal, tali pusat tidak ada tanda-tanda infeksi. Penularan penyakit pada neonatus kulit. Nama, jenis kelamin, usia, riwayat kehamilan usia kehamilan biasanya antara 24 sampai 37 minggukomplikasi kehamilan dan persalinan, jenis persalinan.

Mandikan bayi dengan menggunakan air steril dan sabun meminimalkan manipulasi kulit bayi.Asuhan Keperawatan BBLR (Berat Badan Lahir Pada pengkajian tanggal bayi waktu lahir gram dengan AFGAR SCORE (Berat Badan Lahir Rendah).

21/11/ · Definisi. Bayi berat lahir rendah adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir (Amru sofian, ) Berkaitan dengan. ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN BERAT BADAN LAHIR RENDAH - PENGERTIAN Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir.

SejakWHO telah mengganti istilah premature baby dengan low weight baby (Bayi dengan berat badan lahir rendah= BBLR). Karena disadari tidak semua bayi dengan.

Asuhan Keperawatan Pada BAYI BERAT LAHIR RENDAH ( BBLR)

Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang berat badan lahirnya saat kelahiran kurang dari gram. Dahulu neonatus dengan berat badan lahir. Bayi lahir dengan berat badan kurang dari seharusnya untuk masa gestasi itu, bayi mengalami retardasi pertumbuhan intra uterin dan merupakan bayi yang kecil untuk Author: Dunia Kesehatan.

Asuhan keperawatan pada bayi dengan berat badan lahir rendah
Rated 0/5 based on 54 review